Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO

Posted on

Memindahkan Penyimpanan Internal ke SD Card – OPPO merupakan salah satu brand telephone seluler terkenal asal Cina yang sudah berhasil melakukan ekspansi penjualan smrtphone miliknya di pasar Indonesia.

Beberapa tahun terakhir OPPO memang jorjoran dalam promosi produk, hal ini juga yang menjadi salah satu smartphone OPPO sangat laris di Indonesia.

Bukan hanya itu saja OPPO juga selalu mengeluarkan smartphone terbarunya yang memiliki spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung di kelasnya. 

Smartphone OPPO yang memiliki jargon selfie Expert menjadi salah satu yang paling diminati oleh penggunanya di Indonesia, terutama untuk wanita.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren di HP OPPO A37F

Pasti anda sudah tahu bahwa ponsel ini memiliki keunggulan disektor kamera depan yang memiliki resolusi besar sehingga dapat memanjakan penggunanya dengan menghasilkan hasil foto selfie yang sangat bagus.

Banyak sekali smartphone OPPO yang hanya dilengkapi dengan penyimpanan internal yang cukup minim, seperti pada oppo a3s.

Bahkan terkadang 16 dan 32 GB tidak cukup untuk menyimpan foto-foto dan video dengan kualitas tinggi dan juga beberapa game dan aplikasi tambahan lainnya.

Tetapi untungnya sebagian besar HP OPPO sudah memiliki slot micro SD sebagai tambahan penyimpanan ekternalnya dan anda bisa membelinya sendiri denagn harga yang relatif murah.

Baca Juga : Cara Menampilkan Watermark “Shot On Oppo F7” [Tanpa Aplikasi]

Mungkin akan sangat menjengkelkan apabila setelah anda mendownload musik ataupun yang lainnya ternyata penyimpanan internalnya sudah penuh dan tidak muat untuk menampung file tersebut.

Setiap pengguna smartphone pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, ada yang suka foto, nonton video, dan juga main game. Bagi pengguna yang suka main game dan menginstal aplikasi lainnya pasti akan mengalami penyimpanan internal penuh jika terlalu banyak menginstal game atau aplikasi.

Namun, anda tenang saja karena ada solusinya, yaitu dengan memindahkan aplikasi dan game pilihan anda ke memory eksternal (SD Card).

 

Bagaimana Cara memindahkan file dan Aplikasi ke Kartu Memory (SD Card) ?

Ada sebagian pengguna HP OPPO masih banyak yang belum tahu mengenai cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu sd (memory eksternal).

Oleh karena itu, pada postingan ini akan memberikan tutoril mudahnya kepada anda, sehingga anda bisa melakukannya sendiri dengen mudah.

 

Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke SD Card HP OPPO

Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO

Ada dua metode yang bisa anda gunakan untuk bisa memindahkan file dan juga aplikasi dari memori telpon atau internal ke eksternal, yaitu cara agar setiap aplikasi yang terinstall pindah ke micro SD pindah secara otomatis dan memindahkan aplikasi yang sudah terinstal secara manual.

 

Cara Agar Aplikasi Otomtis terinstall di SDCard

  1. Hal pertama yangharus anda lakukan adalah masuk ke menu setting (setelan) pada samartphone OPPO yang anda gunakan
  2. Kemudian pilih menu Storage (Penyimpanan)
  3. Pada halaman menu Storage (Penyimpanan), anda memiliki Preferred Install Location (Lokasi Pemasangan yang Disukai)
  4. Selanjutnya akan muncul sebuah kotak dialog yang akan memperlihatkan pilihan tempat penyimpanan. MAka yang harus anda pilih adalah SDCard (Kartu SD)
  5. Setelah anda berhasil menerapkan fitur ini, maka aplikasi yang sudah anda instal akan langsung pindah ke SD Card (penyimpanan eksternal) HP Oppo yang anda gunakan

 

Memindahkan Aplikasi Yang Sudah Terinstal

  1. Buka dan masuk ke menu setelan (Setting)
  2. Kemudian pilih Kelola Aplikasi (Aplication Manager)
  3. Pada menu tersebut pilih tab diinstall / Installed 
  4. Kemudian cari aplikasi mana saja yang akan anda pindahkan dari memory internal telpon ke SD Card
  5. Jika sudah dipilih, selanjutnya akan muncul App Info dan anda bisa memilih tombol Move to SD Card untuk memindahkan aplikasi tersebur ke memory eksternal (SD Card)

 

Perlu anda ketahui juga, bahwa kartu memory atau SD Card yang anda gunakan juga harus memiliki kapasitas yang cukup lega. Hal ini bertujuab agar tidak muncul error “ruang penyimpanan sudah habis”.

NAmun dengan memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternak memiliki kelemahan, yaitu prosesnya akan sedikit lambat daripada aplikasi yang tersimpan di internal.

Bahkan ketika anda melakukan restart HP Oppo yang anda gunakan, pada saat menyala kemabali dan masuk ke home screen aplikasi yang sudah anda pindahkan tadi akan mengalami loading yang lumayan lama.

Hal ini memang diebabkan karena kecepatan yang dimiliki micro SD tidak sebanding dengan kecepatan yang dimiliki oleh penyimpanan internal telpon bahkan kalah jauh.

Artikel Lainnya :

Demikianlah tadi penjelasan yang bisa admin bagikan kepada anda mengenai Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO A3S & yang Lainnya.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan terimakasih telah berkunjung di Bimadroid.com.

Loading...

Please rate this

Loading...
Gravatar Image
Nama Saya Bima Saputra admin dari Bimadroid.com, saya sedang mendalami ilmu perangkat mobile dengan cara menulis dan berbagi ilmu agar semakin melekat melalui blog ini.

2 thoughts on “Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *