Cara Root Samsung Galaxy V dengan & Tanpa PC

Posted on

Cara Root Samsung Galaxy V – Jika mendengar kata Samsung pasti yang terlintas di kepala kita tidak jauh- jauh dari smartphone.

Samsung memanag sudah menjadi brand ternama yang sudah meluncurkan berbagai seies Android, seperti belum lama ini Samsung meluncurkan Flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy S10 dengan segala fitur canggih yang diikut setakannya.

Namun pada postingan kali ini admin tidak akan membahas Galaxy S10, namun ponsel Samsung seri terdahulu yaitu Galaxy V yang masih saja laris manis dipasaran.

Memang ponsel ini bukanlah flagship yang memiliki segudang fitur canggih dan spek gahar, namun masih bisa diandalkan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Baca Juga : Cara Flash Samsung Galaxy Ace S5830

Agar Samsung Galaxy V anda memiliki fitur yang lebih, anda perlu melakukan Root pada Galaxy v yang anda gunakan. Root masih menjadi sebuah Akses yang mesti di lakukan agar pengguna bisa menjalankan berbagai Aplikasi.

Dengan melakukan root akan memungkinkan ponsel android tersebut bisa memenuhi berbagai kebutuhan untuk meningkatkan Kinerja Android yakni dengan melakukan Tweak dan lain sebagainya.

Dengan melakukan Root pada ponsel android, bisa dibilang semua akan keperluan dalam melakukan perubahan system menjadi memungkinkan dan lebih mudah.

Bagi anda yang belum bisa melakukan Root Galaxy V sendiri, maka bisa simak dan mengikuti tutorial Cara Root Samsung Galaxy V Tanpa PC yang kami bagikan berikut ini :

 

Cara Root Samsung Galaxy V dengan & Tanpa PC

 

Cara Root Samsung Galaxy V dengan & Tanpa PC

 

Cara Root Samsung Galaxy V Via ODIN

Download dulu bahan-bahan dibawah ini :

 

Jika HP anda Smsung Galaxy S5 tentu saja bisa root juga, yaitu dengan mengikuti Cara Root Samsung Galaxy S5 

 

Setelah semua bahan di atas sudah berhasil anda download dan di persiapkan, selanjutnya silakan simak dan ikuti tutorial Root Samsung galaxy V via ODIN berikut:

  1. Install Samsung USB Driver
  2. Lanjutkan dengan Mengekstrak Odin3_v3.09.zip dan TWRP/CWM
  3. Kemudaian letakan UPDATE-SuperSU-v1.94.zip ke Memory Internal ponsel yang anda gunakan.
  4. Matikan Galaxy V anda, kemudian masuk ke Mode Download dengan cara : Tekan tombol power (kunci) + tombol home (tengah) + tombol volume bawah secara bersamaan.
  5. Setelah itu nanti akan ada sebuah Peringatan “Warning”, lalu Lanjutkan dengan menekan tombol Vol atas
  6. Sambungkan Galaxy V anda ke PC menggunakan kabel USB, dan pastikan anda sudah menginstall Driver USB Samsung dengan benar agar bisa terbaca di PC.
  7. Lalu pada Jendela Aplikasi ODIN anda bisa melihat pada Kolom ID:COM Terisi
  8. Berikan tanda Ceklist di bagian AP atau PDA jika anda menggunakan ODIN versi lainnya, sesuaikan saja kemudian anda Browse/Cari file TWRP atau CWM yang sebelumnya telah anda Download dan Ekstrak.
  9. Klik START
  10. Setelah HP melakukan Restart, matikan kembali dan kemudian anda masuk ke Mode Recovery caranya tekan tombol power (kunci) + home + volume atas
  11. Selanjutnya Pilih install zip cari file UPDATE-SuperSU-v1.94.zip
  12. Maka Hp Samsung V anda akan melakukan Proses Rooting, silahkan tunggu sampai selesai
  13. Jika nanti terdapat berupa peringatan “fix supersu …” tekan Tombol Back.
  14. Selesai, Selamat Samsung Galaxy V anda sekarang sudah berhasil di Root.

 

Baca Juga : Cara Cek Garansi HP Samsung dengan Mudah & Cepat serta Aman

 

Cara Root Samsung Galaxy V tanpa PC

  1. Download Aplikasi Framaroot APKunduh disini.
  2. Install Aplikasi Framaroot Apk di Samsung Galaxy V anda
  3. Buka aplikasinya
  4. Pada menu “Select an action to execute after root” ubah tulisan tersebut menjadi “Install Super User”
  5. Kemudian pilih “Gadalf” dan tunggu sampai prosesnya selesai
  6. Nantinya akan muncul pesan seperti ini “superuser and su binary installed” dimana berarti proses rooting selesai.
  7. Dan jika muncul notification “you have to reboot your device” klik “OK” sehingga Samartphone anda akan reboot secara otomatis.
  8. Jika sudah ter-restrat, coba buka aplikasi Super User atau Super SU.Cara Root Samsung Galaxy V
  9. Pada tahap ini anda akan diminta untuk menginstall su binary, maka tekan saja OK dan pilih normal, Kemudian pilih Reboot.
  10. Selesai

 

Cara Unroot Samsung Galaxy V

  • Buka lagi aplikasi Framaroot atau install lagi jika sudah tidak ada atau terhapus
  • Setelah aplikasi Framaroot terbuka pada Select an action to execute after root pilihlah Unroot
  • Lalu pilih gandalf dan tinggal anda tunggu hingga proses Unrootnya selesai.
  • Selain cara ini, anda juga bisa melakukan Unroot dengan cara memasuki menu setting yang  pada SuperSU dan pilihlah Unroot Full.

 

Pasti anda sudah mengetahui berbagai macam kelebihan jika HP android memiliki akses root, seperti menghuilangkan iklan yang muncu mengganggu, melakukan tweak, install aplikasi pendukung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain memiliki banyak kelebihan ternyata root pada Samsung Galaxy V juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah lebih rentan terkena virus, garansi hilang, berpotensi bootloop.

Namun anda jangan khawatir jika Galaxy V anda mengalami bootloop karena ada solusinya yaitu dengan cara Flash Samsung Galaxy V (Sm-G313HZ).

Sebelum melakukan rooting sebainya anda pahami terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Setelah benar-benar yakin barulah melakukannya.

Artikel Lainnya :

Galaxy V merupakan ponsel pintar keluaran Samsung yang dirilis pada September 2014 lalu. Ponsel ini memeliki spesifikasi yang dibilang cukup lumayan dikelasnya.

Smartphone ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh selebar 4 inci berteknologi TFT kapasitas Touchscreen dengan resolusi FWVGA sebesar 854 x 480 piksel dan juga telah memiliki kerapatan layar mencapai 233 ppi.

Samsung Galaxy V Juga sudah dibekali dengan processor single ARM Cortex – A7 dengan kecepatan 1,2 GHz dengan Chipset Spreadtrum SC6815, dipadukan dengan RAM sebesar 512 Mb dan dengan pengolah grafis Mali-400.

Kurang lebihnya seperti itulah cara untuk root Samsung galaxy v dengan dan juga tanpa PC yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tempat service HP.

Dengan mengikuti cara diatas tentu anda tidak akan mengeluarkan biaya mungkin hanya mengeluarkan sedikit biaya untuk beli kuota internet saja, jika menggunakan Wifi malah bisa gratis.

Semoga penjelasan diatas dapat menambah ilmu dan wawasan bagi anda dalam hal root dan unroot.

Kunjungi terus Bimadroid.com untuk informasi update seputar gadget lainnya. Selamat mencoba dan terimakasih telah berkunjung.

Loading...

Please rate this

Loading...
Gravatar Image
Nama Saya Bima Saputra admin dari Bimadroid.com, saya sedang mendalami ilmu perangkat mobile dengan cara menulis dan berbagi ilmu agar semakin melekat melalui blog ini.