[Tips Ampuh] Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Xiaomi (Bloatware) Secara Permanen

Posted on

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware) – Xiaomi adalah salah satu vendor smartphone asal China yang selalu memberikan spesifikasi smartphone barunya diatas rata-rata smartphone dikelasnya.

Tentunya hal ini membuat banyak para pengguna smartphone yang menjadikannya sebagai pilihan karena selain dilengkapi degan spesifikasi yang gahar juga memiliki harga yang relatif murah dikelasnya.

Setiap smartphone android yang hadir dipasaran biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan dari pengembangnya.

Jika anda pengguna smartphone Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi mengenai aplikasi bawaan Xiaomi yang susah sekali untuk dihapus.

Baca Juga : Cara Pasang TRWP & Root Xiaomi Redmi 4X Santoni (Super SU & magisk)

Ternyata bukan hanya pada smartphone Xiaomi saja, namun hal serupa semacam ini juga dialimi oleh banyak smartphone android lain dari berbagai vendor.

Sudah terdapat banyak sekali artikel yang membahas bisa menghapus bloatware tanpa root. Namun hal itu tidak mungkin. Tutorial tersbut sebenarnya hanya memberikan cara untuk menyembunyikan aplikasi dari Homescreen.

Apabila hanya menyembunyikan aplikasi bawaan saja, maka hal itu tidak akan mengurangi beban storage.

Dengan menghapus secara permanen aplikasi bawaan dari android Xiaomi yang sudah tidak lagi dibutuhkan, maka akan membuat penyimpanan internal terasa lebih lega.

Baca Juga : Cara Flash Xiaomi Redmi 3 via Mi Flash Tool dengan Mudah

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi atau yang sering disebut dengan Bloatware.

 

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Xiaomi (Bloatware) Secara Permanen

 

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Xiaomi

 

Syarat utama untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, smartphone anda memang wajib root terlebih dahulu. Untuk caranya simak tutorialnya lengkapnya berikut ini :

 

Cara Pertama : Aplikasi Pihak Ketiga

 

Untuk bahan yang dibutuhkan, silakan anda download aplikasi System App Remover melalui link berikut :

via Google Play Store || via Web Resmi

 

Langkah-langkah menghapus Bloatware Xiaomi Secara Permanen

  1. Agar aplikasi ini dapat dipasang, anda jangan samapi lupa untuk mengaktifkan Unknown sources (sumber tak dikenal) karena aplikasi ini bukan berasal dari Google Playstore.Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware)
  2. Kemudian instal aplikasi System App Remover pada perangkat Xiaomi yang anda gunakan.
  3. Kalalu pada saat instalasi muncul permintaan Grant Access superuser, pilih saja Grant.
  4. Berikut tampilan icon aplikasi System App Remover di Homescreen apabila berhasil diinstall.Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware)
  5. Jika sudah terinstall, anda bisa membuka dan jalankan aplikasi System App Remover
  6. Kita ambil contoh saja untuk menghapus aplikasi Google Play Movies & TV dan Google Play Music.
  7. Lakukan Centang pada kedua aplikasi tersebut, kemudian pilih UninstallCara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware)
  8. Tunggu saja beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  9. Apabila Aplikasi tersebut tetap masih terlihat di homescreen dan tidak hilang, tapi error saat dibukaCara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware)
  10. Anda tidak usah khawatir, karena itu merupakan data sampah (junk).
  11. Untuk menghilangkannya, anda cukup reboot Android Xiaomi yang anda gunakan, maka icon aplikasi tersebut akan hilang selamanya.Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware)
  12. Sekarang aplikasi bawaan pada Android Xiaomi yang tidak dibutuhkan sudah hilang secara permanen.

 

Note :

Anda bisa menghapus aplikasi lain tertentu yang tidak anda inginkan dengan instruksi “Could remove” dan “Should keep” saja.

 

Cara Kedua : Menggunakan Google Playstore

Cara yang satu ini terbilang unik, karena anda bisa menghapus aplikasi bawaan Xiaomi melalui Google Playstore, untuk caranya simak tutorial berikut ini :

  1. Buka Aplikasi Playstore yang anda si Android Xiaomi anda
  2. Tap Menu yang ada bagian kiri pada playstore.
  3. Jika Sudah maka anda akan menemukan tulisan “Help & Feedback”.
  4. Pilih menu help & feedback dan kemudian pilih “Browser all Articles”.
  5. Selanjutnya pilih menu “Uninstall , Disable and Delete Apps”.
  6. Kemudian pilih menu “Disable and Delete Apps” pada playstore.
  7. Apabila cara diatas sudah, maka akan muncul daftar aplikasi yang ingin anda nonaktifkan.
  8. Lalu pilih saja aplikasi mana yang ingin anda hapus, kemudian klik “Disable”. Maka aplikasi yang anda pilih tersebut akan hilang.
  9. Apabila anda ingin mengaktifkan aplikasinya kembali, anda hanya perlu mengikuti tutorial ini untuk megaktifkan aplikasi yang tadi sudah anda hapus.
  10. Selesai.

 

Kami sarankan untuk memilih salah satu cara saja. Jika menggunakan cara yang pertama tidak berhasil, anda bisa menggunakan cara yang kedua.

Artikel Lainnya :

Itulah tadi penjelasan mengenai tutorial Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Xiaomi (Bloatware) Secara Permanen agar penyimpanan pada Android Xiaomi anda terasa lebih lega. ????

Sebaiknya anda jangan menghapus aplikasi tersebut, kecuali anda sudah benar-benar paham mengenai aplikasi yang akan anda hapus tersebut.

Please rate this

Loading...
Gravatar Image
Nama Saya Bima Saputra admin dari Bimadroid.com, saya sedang mendalami ilmu perangkat mobile dengan cara menulis dan berbagi ilmu agar semakin melekat melalui blog ini.