Cara Mengecek HP Samsung Bekas/Second

Posted on

Cara Mengecek HP Samsung Bekas Saat ini perkembangan dunia teknologi memang sangat pesat, terutama disektor telekomunikasi dan hiburan. Hal ini terbukti dengan semakin bertambahnya produk smartphone yang bermunculan dan beredar dipasaran.

Dimulai dari smartphone low end sampai dengan high end yang bisa dibilang memiliki spek dewa dengan fitur yang sangat canggih dan lengkap, namun lumayan juga harganya.

Jadi sangat tidak heran jika dalam jangka waktu satu tahun tedapat mungkin rilis ratusan smartphone android baru dengan merk dan tipe yang berbeda.

Dari setiap rilisnya smartphone tersebut selalu memberikan fitur terbaru yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli dan menggunakannya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan beberapa tips kepada anda mengenai Cara Mengecek HP Samsung Bekas/Second sebelum nada memastikan untuk membelinya.

 

Cara Mengecek HP Samsung Bekas/Second

Cara Mengecek HP Samsung Bekas Second

 

1. Lihat Kondisi HP

Tahap awal yang bisa anda lakukan sebelum membeli HP adalah mengecek kondisi fisik HP terebut apakah masih mulus atau sudah banyak goresan. Tetapi kalu cuma lecet-lecet sedikit menurut admin sih itu masih oke.

Apabila pernah jatuh dan terjadi benturan bisanya akan berpengaruh juga kedalam bisanya akan berpengaruh juga terhadap kinerja HP tersebut.

 

2. Cek Garansi

Apabila anda ingin membeli HP Samsung bekas dan kondisinya masih normal, anda juga harus perhatikan masa garansinya yang bisanya ada pada nota pembelian atau kartu garansi yang disertakan Samsung.

Jika garansi yang dimiliki HP tersebut malah akan lebih baik. Karena garansi HP sangat bermanfaat terutama jika HP mengalami kerusakan sistem atau yang lainya.

Maka anda dapat memperbaiki HP tersebut ke Samsung service center tanpa harus membayar, tetapi tergantung juga kerusakan apa yang dialami HP tersebut. Karena ada beberapa kerusakan bisa menggunakan garansi.

Untuk mengetahui lebih jelasnya untuk Cara Cek Garansi Garansi HP SAmsung, anda bisa membacanya disini.

 

3. Cek IMEI

Tahap selanjutnay yang bisa anda gunakan untuk Mengecek HP Samsung Bekas adalah Cek Imei Hp yang akan anda beli tersebut.

Caranya adalah dengan mengetik kode dial *#06# pada menu panggilan, setelah itu secara otomatis akan muncul nomor IMEI pada layar HP Samsung bekas yang akan anda beli.

Khusus HP samsung yang memiliki 1 kartu SIM maka akan muncul 1 nomor saja, sedangkan untuk HP yang memiliki dual SIM maka akan muncul 2 nomor IMEI.

Langkah selanjutnya adalah cocok kan nomor IMEI yang ada di HP tersebut dengan yang ada di box HP Samsung yang akan anda beli tersebut.

 

4. Cek Standart Hanphone Samsung

Cek Standart Hanphone Samsung

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah cek Standart Hanphone Samsung dengan cara mengetik nomor *#0*#.

Selanjutnya akan muncul beberapa fitur untuk testing yang diantaranya adalah Sensor, kamera, layar, getar, speaker, touchscreen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah anda cek semua fitur tersebut sebanyak 3 kali, dan ternyata tidak ada kendala, maka bisa dipastikan HP tersebut masih layak anda beli.

 

5. Cek Status HP Samsung

Cek Status HP Samsung

Langkah selanjutnya adalah status HP Samsung tersebut dengan cara masuk ke menu Settings – About Device – Status – Device Status.

Apabila HP Samsung tersebut ada tulisan dan masih berstatus Official, maka bisa dipastikan HP tersebut masih menggunakan ROM bawaan dan belum di root.

Bisa dibilang HP android yang belum diroot pasti belum dioprek dan masih berstatus HP standar pabrikan.

 

6. Gunakan CPU Identifier

Gunakan CPU Identifier

Tahap ini adalah untuk memastikan bahwa HP Samsung yang akan anda beli tersebut asli atau tiruan alias palsu.

Caranya adalah dengan membandingkan spesifikasi HP Samsung second tersebut dengan spesifikasi HP yang sejenis. Biar lebih mudah anda bisa menggunakan aplikasi CPU Identifier.

Misalnya spesifikasi Samsung J7 yang akan kita beli, kita bandingkan dengan spesifikasi resmi dari situs resmi Samsung.

 

7. Gunakan Root Checker

Gunakan Root Checker

Aplikasi Root Checker bisa anda gunakan untuk mengecek apakah HP Samsung tersebut sudah dalam kondisi Root atau belum.

Biasanya HP Samsung bekas yang sudah di root akan lebih ringan, namun akan cepat mudah juga terkena virus, sedangkan untuk HP yang belum diroot akan sebaliknya.

Untuk masalah root sebenarnya tergantung dari kebutuhan dan selera anda sendiri.

Baca Juga :

Itulah tadi beberapa tips untuk Mengecek HP Samsung Bekas yang akan anda beli. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa menjadi sebuah referensi sebelum anda memutuskan untuk membeli HP SAmsung dalam kondisi bekas atau second.

Loading...

Please rate this

Loading...
Gravatar Image
Nama Saya Bima Saputra admin dari Bimadroid.com, saya sedang mendalami ilmu perangkat mobile dengan cara menulis dan berbagi ilmu agar semakin melekat melalui blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *